Clutchilicious
Setiap wanita membutuhkan pelengkap penampilan mereka. Salah satu pelengkap andalan bagi wanita adalah tas. Itulah sebabnya, apapun busana yang dikenakan, wanita selalu punya tas yang tepat. Padahal jika melihat sejarahnya, dahulu kala tas diciptakan untuk menjawab kebutuhan kaum pria saat bepergian. Sejalan dengan perkembangan jaman dan teknologi, tas pun digunakan kaum wanita.

Dari beragam model tas, ada satu jenis yang selalu hadir dan identik dengan kesan mewah serta anggun. Itulah clutch bag, yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti tas kepit. Mengapa tas kepit? Karena jenis tas ini tidak dilengkapi tali atau pegangan, sehingga memang hanya bisa dibawa ke mana-mana dengan cara dikepit atau digenggam.

Sejarahnya clutch bag “lahir” dari Inggris saat negeri tersebut sedang mengalami Revolusi Industri yang berefek pada meningkatnya pengguna jasa kereta api. Sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang mobilitasnya kian tinggi, diciptakanlah tas simpel ini. Kini clutch bag hadir dengan beragam gaya dan warna. Meski masih banyak digunakan sebagai tas formal, belakangan clutch bag yang casual juga muncul untuk menjawab animo masyarakat yang ingin tampil beda dan stylish saat berbusana santai.


Cermat “Menggenggam ” Clutch Bag :
  • International Formal style.
    Pilih clutch bag ukuran mungil beraksen kristal Swarovski warna emas, tembaga, perak atau hitam. Cocok dikenakan dengan busana formal seperti gaun panjang satin chiffon polos atau pun beraksen diamante atau beads.
     
  • Traditional style.
    Pilih clutch bag polos dari bahan satin atau yang dihiasi dengan sedikit aksen kristal Swarovski berwarna perak/emas. Alternatif lain, pilih clutch bag yang berbahan kain batik atau tenun dengan detail aplikasi kerajinan daerah warna emas, tembaga ataupun perah dengan taburan semi-precious stone. Cocok dikenakan sebagai padanan busana kebaya bukaan depan maupun kebaya kurung.
     
  • Semi-formal style.
    Pilih clutch bag yang berukuran sedang bersiluet simpel dengan aksen kristal Swarovski yang minimalis. Cocok dikenakan dengan busana bergaya semi-formal seperti little black dress berpotongan leher Sabrina.
     
  • Casual style.
    Pilih clutch bag ukuran sedang hingga besar yang terbuat dari bahan kanvas atau kulit dengan permainan warna yang kontras. Cocok dikenakan sebagai pelengkap shift dress kasual atau kemeja putih padanan celana jeans yang aksi.