Best in Black
Hitam yang identik dengan kesan misterius tampaknya tak pernah salah ‘tempat’ jika dilihat dari sudut pandang berbusana. Karena itulah lahir istilah the little black dress, busana berwujud gaun warna hitam yang diperkenalkan oleh Coco Chanel pada era ’20-an.
 
Harus diakui, ada kesan anggun dan angkuh pada warna hitam. Kesan itulah yang membuat hitam menjadi warna pilihan banyak individu ketika harus menghadiri acara tertentu. Namun jika tak cermat memilih dan memadukan busana bernuansa hitam, bukan tidak mungkin kesan monoton akan lahir. Karenanya, penting sekali untuk memahami trik padu-padan busana hitam yang tepat. Sehingga siapapun yang mengenakannya akan terlihat stylish.
 
HOW TO WEAR BLACK
 
Menghadiri pemakaman. Hitam dianggap sebagai warna yang tepat untuk menunjukkan rasa belasungkawa. Tapi mengingat Indonesia adalah negara tropis yang panas, mungkin Anda tak perlu mengenakan setelan lengkap. Untuk pria, cukup kenakan kemeja dan celana panjang hitam. Sedangkan wanita bisa mengenakan blus hitam dan celana katun warna senada atau gaun hitam selutut berpotongan sederhana yang sopan.
 
Clubbing & Party. Agar hitam yang Anda kenakan tidak terlihat plain dan monoton, coba libatkan aksesori ‘bling-bling’ besar warna senada yang serasi. Atau pilih padu-padan busana berpotongan cut out di punggung atau lekuk pinggang. Untuk pria, coba tambahkan vest hitam dari leather pada kemeja hitam yang dikenakan. Bisa juga mengenakan kemeja dan jas fitted hitam dengan padanan celana jeans hitam keabu-abuan.
 
Network Dinner. Menghadiri dinner party untuk urusan kerjaan dalam balutan busana hitam? Tentu bisa! Untuk pria, Anda bisa mengenakan setelan lengkap dengan dasi nuansa abu-abu tua dari satin sutera yang eksklusif. Sedangkan untuk wanita, coba kenakan sheath dress hitam dengan padanan long coat bercorak hitam. Bisa juga paduan blus sutera hitam berdetail pita di leher dengan palazzo hitam yang elegan.
 
Formal Wedding Reception & Gala Dinner. Untuk acara resmi seperti ini, biasanya dress code black tie sudah tertera di dalam undangan. Untuk itu, Anda sebaiknya mengenakan setelan tuxedo. Bisa juga setelan serba hitam dalam tingkat kepekatan yang berbeda untuk kesan fashionable. Untuk wanita, Anda bisa mengenakan gaun panjang asimetris berdetail draperi atau kebaya hitam leher Sabrina padanan songket kombinasi hitam, abu-abu, dan perak.
 
BLACK ON BLACK
  1. Pilih busana hitam berdetail atraktif. Agar tak tampak monoton, pilih busana hitam berdetail unik yang teraksen atraktif. Wanita: sleeveless V-neck blouse berhias kristal Swarovski pada leher, gaun hitam berdetail ruffles, atau gaun panjang beraksen draperi. Pria: kemeja hitam beraksen lipit di bagian depan, jas hitam dengan aksen suede di bagian siku dan lapel.
  2. Padukan busana hitam berbeda tekstur. Walaupun warna busana serba hitam, perbedaan tekstur bisa menghadirkan kesan dinamis dan stylish. Wanita: blus lace hitam dengan pencil skirt hitam, atau dress hitam dan blazer velvet warna hitam. Pria: Setelan hitam padanan jas dari bahan kulit atau kemeja hitam dengan aksen abu-abu di manset dan kerah padanan celana corduroy hitam.
  3. Libatkan aksesori bernuansa senada. Busana hitam akan tampak kian menarik apabila disempurnakan dengan aksesori yang tepat. Wanita: kalung tumpuk mutiara hitam sebagai pemanis gaun hitam, atau sematan bros dari batu hematite yang anggun berdetail bulu hitam pada setelan hitam berdesain klasik. Pria: dasi corak kontemporer warna hitam dan abu-abu pada setelan klasik, atau cuff warna metal berbatu hitam sebagai aksen pada manset kemeja.