Smart Packing
Nikmatnya suasana liburan bukan saja ditentukan oleh tempat tujuan. Penampilan Anda yang sesuai sekaligus kenyamanan saat melakukan segala aktivitas, merupakan salah satu faktor terpenting dalam menikmati atmosfer liburan.
Namun bukan berarti Anda lantas membawa semua perlengkapan busana beserta pernak pernik lainnya. Hal ini malah bisa menjadi bumerang. Inginnya berpenampilan selalu keren, tetapi malah jadi repot karena terlalu banyak membawa barang hingga membutuhkan berkoper-koper bawaan.
Apalagi kini mayoritas perusahaan penerbangan sangat membatasi bawaan para penumpang. Dari berapa banyak koper yang dibawa, berapa beratnya, bahkan ukuran besar koper trolley yang diperbolehkan masuk kabin.
Berikut tips mengepak yang tepat agar liburan Anda lancar tanpa kericuhan yang berarti.
  1. Rencanakan Aktivitas
    Ketahui cuaca kota tujuan dan aktivitas apa yang akan dilakukan. Lalu kemaslah busana yang cocok dengan dua hal tersebut.
  2. Kemas Secukupnya
    Kemas pakaian dalam yang mudah dicuci dan mudah dikeringkan. Maka Anda bisa bawa secukupnya. Misalnya perjalanan 2 minggu, cukup membawa pakaian dalam untuk seminggu. Inti pemikirannya; satu untuk dikenakan, satu untuk dicuci, satu untuk cadangan.
  3. Bawa Baju Yang Bisa Untuk Kemana Saja
    Bawa busana yang bisa menyatu dengan situasi lokal. Agar terhindar dari menyalahi aturan norma setempat. Misalnya: busana bergaris leher sopan atau atasan berlengan.
  4. Bawa Baju Yang Tidak Mudah Kusut
    Pastikan hanya membawa busana yang berbahan tidak mudah kusut. Bila dari rumah saja sudah agak kusut bila dilipat, dijamin sesampai di kota tujuan, busana tersebut makin kusut.
  5. Bawa Sepatu Yang Nyaman
    Anda tak akan bisa menikmati jalan-jalan saat liburan bila sepatu yang Anda kenakan membuat kaki Anda sakit. Maksimal cukup bawa tiga pasang sepatu. Satu dikenakan, dua dikemas. Ingat, Anda mungkin perlu ruang untuk tempat mengemas sepatu baru hasil belanja saat liburan.