BIG SALE? Yes! I'm In! - Cermat Berbelanja Saat Sale, Tagihan Tidak Membengkak
Melihat kata “Big Sale” terpampang di sebuah butik, itu seperti mendapat undangan beriming-iming souvenir mewah. Kaki akan dengan mudah melangkah menuju butik. Mata pun dimanjakan dengan beragam barang bertanda sale. Dan tanpa terasa Anda telah menghabiskan waktu berjam-jam di sana. Namun belum juga mendapatkan barang yang sesuai karakter kita, apalagi yang sesuai trend. Ini semua bisa terjadi akibat dari kurangnya persiapan diri saat menghadapi tawaran kata Big Sale.

Sale memang kata yang begitu mengundang, terutama jika dihubungkan dengan gaya hidup masyarakat perkotaan dan urban. Butik, toko, atau department store memang punya porsi sendiri dimana mereka memanjakan pelanggan sekaligus berpromosi. Karena di saat sale lah konsumen bisa datang berbondong-bondong untuk berbelanja lebih untung. Kita bisa belanja dengan jumlah lebih banyak tanpa pengeluaran yang membludak. Toko berhasil mengundang banyak pelanggan datang. Promosi pun berhasil. Pelanggan puas berbelanja mendapatkan barang yang lebih murah. Win win solution!
Hanya saja yang harus dicermati adalah cara kita berbelanja. Agar tidak menghabiskan waktu tanpa hasil yang memuaskan.

Itulah sebabnya perlu persiapan untuk menyerbu barang Big Sale. Tujuannya adalah agar kita tidak menghabiskan waktu percuma, dan bisa mendapatkan lebih banyak barang yang sesuai karakter sekaligus trend yang sedang berlangsung. Berikut ini adalah kiat berbelanja cerdas di saat sale:
 
  1. Browsing internet . Anda bisa mengetahui trend yang sedang berlangsung dengan membuka situs-situs majalah fashion, majalah interior dan gaya hidup ternama terlebih dahulu.
  2. Make a list . Catatlah ide-ide yang didapat dari situs-situs tersebut. Lalu tulis barang-barang yang Anda minati.
  3. Wardrobe check. Tengok isi lemari Anda. Jika terlihat monoton atau menampilkan gaya yang itu-itu saja, sebaiknya Anda mulai berpikir untuk mengganti gaya Anda agar lebih berwarna. Lalu tambahkanlah di catatan Anda barang apa saja -yang sesuai trend dan karakter Anda- yang mesti dibeli. Karena di saat toko berpromosi sale lah saat yang tepat untuk Anda berbelanja dengan jumlah yang lebih banyak. Kedua, cek kembali koleksi busana dan aksesori yang Anda miliki agar bisa mudah dipadu-padankan. Bila ada padu-padan yang kurang, catatlah dalam lembar daftar belanja Anda.
  4. Household check. Liat sekeliling interior rumah Anda. Elemen-elemen apa saja yang terlihat kurang up to date dan mesti diganti. Catat dan tambahkan dalam daftar belanja Anda.
  5. Be calm. Jangan histeris ketika masuk ke butik, toko atau department store yang sedang melaksanakan promosi sale. Luangkan waktu untuk melihat barang sale dengan teliti dan cobalah setiap barang yang Anda pilih dengan tenang dan cermat. Agar Anda bisa puas mendapatkan barang sesuai trend dan karakter Anda.