Glamour for Glam Party

Tidak banyak orang tahu bahwa kata glamour atau glamor merupakan magic spell yang kerap digunakan oleh penyihir atau peramal untuk membuat seseorang percaya bahwa orang lain terlihat menarik di depannya. Tak disangka kini kata tersebut justru identik dengan hal yang terkesan eksklusif, bahkan dunia mode juga menggunakan kata ini untuk penampilan yang mewah, elegan, impresif, dan tentu saja atraktif.

Istilah glamour mulai terkenal di dunia mode sekitar era ’20-an. Saat itu penampilan glamour sangat disukai dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari melalui polesan make-up, gaya berbusana, hingga aksesori. Pada era ’50-an, gaya glamour kembali dipopulerkan oleh bintang Hollywood – hingga muncul istilah Hollywood glamour- dan juga oleh Christian Dior, perancang terkenal asal Perancis ini menampilkan gaya new look dengan sentuhan glamour yang modern. Sekarang gaya glamour dapat ditemukan pada siapa saja melalui siluet, detail busana, serta aksesori yang menjadi penunjang penampilan, yang penting gaya tersebut tampil selaras dengan si pemakainya dan terkesan modern.

Karena gaya glamour terkesan lux, eksklusif, elegan, serta berkelas maka gaya ini tidak dapat diterapkan dalam busana sehari-hari, oleh sebab itu gaya ini lebih sering digunakan untuk pesta atau acara khusus, seperti pesta tahun baru. Untuk merayakan pergantian tahun yang semakin dekat, tak ada salahnya untuk menerapkan gaya glamour demi terwujudnya penampilan atraktif yang terkesan mewah dan modern, serta tak biasa.

Untuk kaum wanita,
gaya glamour bisa diterapkan dengan cara:

  • Mengenakan busana berdetail cantik yang dihadirkan melalui aplikasi payet atau manik.
  • Memilih busana dengan permainan material yang menghadirkan kesan bervolume, seperti draperi, lipit, ruffles, frills atau rok lebar panjang menyapu lantai.
  • Pemilihan material bahan yang berkualitas dan berkesan mewah seperti silk, satin, chiffon, taffeta dan velvet.
  • Melibatkan aksesori berdesain unik dan berukuran besar yang terkesan mewah sebagai aksen pada penampilan. Seperti perhiasan berbatu diamante, atau pun bebatuan berkilau lainnya.


Untuk kaum pria,
gaya glamour bisa diterapkan dengan cara:

  • Mengenakan setelan jas lengkap dengan dasi dan sapu tangan warna senada yang diselipkan di saku jas.
  • Memilih busana bermaterial unik yang terlihat mewah seperti velvet atau silk.
  • Memakai busana siluet tailoring berdetail atraktif yang menjadi fokus dari busana.

Kini kesan glamour dapat ditampilkan kian menarik jika dipadukan dengan elemen modern. Berikut adalah contoh untuk padanan busana glamour modern bagi wanita.

  1. Memadukan tank top berbahan velvet warna gelap berdetail manik mewah, ataupun kemeja sutra tanpa lengan dengan celana berpotongan pas badan berdetail manik maksimal.
  2. Mengenakan gaun model body conscious bersiluet simpel dengan detail payet di bagian leher.
  3. Padukan blus bersiluet simpel dengan rok beraksen draperi dari bahan taffeta yang mewah.
  4. Mengenakan setelan jas dari bahan velvet warna gelap.
  5. Jangan lupa untuk menambahkan perhiasan berukuran besar seperti gelang dan anting senada, atau dapat juga tambahkan hairpiece cantik seperti bulu dan renda untuk memperunik penampilan.

Jadi apapun busana yang dikenakan, kini dapat dibuat tampak glamour dengan pilihan siluet, detail, aplikasi, atau material busana yang tepat. Jangan lupa tambahan tas dan sepatu yang terlihat mewah dan berkualitas sebagai pemanis yang memperkuat kesan glamour tersebut. Asalkan padu-padannya cocok, gaya glamour modern dapat terwujud