Party Man

Kaum pria kini makin sadar akan penampilannya. Bukan hanya kaum wanita yang kerap dipusingkan oleh pilihan busana pesta. Pria kini bisa bingung juga karena banyaknya pilihan untukmenentukan jenis busana yang layakdikenakan ketika harus menghadiri sebuah pesta. Apalagi kini undangan pesta memiliki banyakkonsep, mulai dari yang formal, semi formal hingga cocktail.

Untuk acara formal seperti gala dinner, sebaiknya kenakan busana berupa setelan jas warna gelap atau kerap disebut black tie. Anda bisa mengenakan setelan jas padanan kemeja putih dengan aksesoris dasi kupu-kupu atau dasi polos yang serasi dengan warna setelan jas. Pilih dasi yang skinny bila ingin terlihat muda dan up to date. Supaya penampilan klasik tetap terlihat stylish dan fashionable, pilihlah setelan jas model fitted.

Jika menghadiri acara formal bersifat kenegaraan, Anda bisa mengenakan setelan jas sebagaimana yang dijelaskan diatas. Bedanya, Anda bisa memilih warna setelan jas sesuai waktu acara. Jika pagi atau siang hari, kenakan warna yang cenderung terang seperti khaki, krem atau abu-abu. Sedangkan untuk malam bisa mengenakan warna gelap. Dapat juga mengenakan kemeja bermotif kain tradisional seperti batik atau tenun yang warnanya serasi dengan waktu acara. Pilihlah kemeja batik lengan panjang yang dikenakan di luar celana (ditandai dengan kemeja batik yang memiliki belahan di sisi kiri dan kanan).

Ketika harus menghadiri acara yang bersifat semi formal, Anda bisa lebih leluasa memilih busana. Misalnya mengenakan celana warna netral dengan padanan kemeja batik atau kemaja tenun lengan pendek. Bisa juga mengenakan jas dengan padanan kemeja tanpa dasi serta celana yang warnanya lebih terang dari warna jas.

Untuk undangan acara yang bersifat cocktail biasanya undangan dipersilahkan mengenakan busana yang lebih kasual namun tetap rapi. Misalnya, celana bahan atau jeans yang dipadankan dengan kemeja lengan panjang dan dilengkapi dengan vest. Pilih warna kemeja dan rompi yang senada atau kontras namun harmonis. Sedangkan untuk pribadi yang berani tampil beda (trendsetter), jangan ragu mengenakan celana jeans atau celana bahan katun dengan padanan kemeja serta jaket bahan wol atau kulit.

Apabila menerima undangan acara yang sifatnya lebih kasual, tentu saja Anda bisa mengenakan busana bergaya santai. Namun pilihlah busana yang apik, misalnya celana katun padanan polo shirt, celana jeans dan T-shirt yang bersih dan terlihat baru atau bahkan celana jeans dan kemeja motif garis lengan pendek yang dikenakan di luar celana.