Tren Mode Musim Semi 2010

Tidak terasa musim semi telah tiba lagi, yang berarti Fashion Week 2010 pun telah dimulai dengan beragam informasi mengenai tren mode yang telah ditunggu oleh para pemerhati busana. Setiap tahunnya koleksi musim semi selalu identik dengan desain yang feminim, ringan, lembut serta penggunaan motif atau corak bunga di busana. Bagaimanakah koleksi para desainer terkemuka dalam mengawali koleksi mereka di musim semi tahun ini?

Seperti yang telah kita ketahui pada koleksi musim gugur yang lalu banyak koleksi dari para desainer yang dipengaruhi oleh era 80-an, dengan gaya ala bintang rock dan dilengkapi dengan siluet futuristik yang sangat tertata, lengkap dengan bantalan bahu yang tebal dan potongan asimetris. Hal ini diaplikasikan oleh hampir semua desainer, sehingga tidak dapat dihindari adanya kesan seragam yang muncul dari desain mereka antara satu dengan yang lainnya.

Di musim semi 2010 ini siluet dari musim gugur sebelumnya masih tetap mempengaruhi koleksi dari banyak desainer. Melihat dari koleksi terakhir karya desainer Alm. Alexander McQueen, Louis Vuitton, Lanvin hingga Balenciaga; siluet futuristik dengan bantalan bahu yang tebal serta gaya ala bintang rock masing sangat terasa. Perubahan yang dilakukan oleh mereka lebih banyak kepada warna dan penggunaan bahan. Pemilihan warna yang dimainkan oleh para desainer untuk musim semi ini lebih terang dan cerah dengan penggunaan bahan yang lebih lembut untuk mengurangi efek “berat” dari koleksi musim gugur sebelumnya.
                
Akan tetapi walaupun gaya dari musim gugur masih mewarnai tren di musim ini, bukan berarti bahwa ciri khas musim semi yang segar, ringan dan feminim tidak terlihat. Tengoklah koleksi dari Valentino, Chanel dan Stella McCartney yang bermain dengan menggunakan bahan ringan seperti sifon dan satin, serta dilengkapi dengan pemakaian warna-warna pastel dan corak bunga dengan detil kerutan feminim yang memberikan rasa segar.
           
Dan dimasa seperti sekarang ini, dimana tren fesyen telah memberi kebebasan bagi setiap orang untuk memilih gaya apa pun yang dapat menonjolkan diri mereka sendiri maka sah-sah saja untuk menerapkan gaya tomboy dengan sedikit sentuhan bintang rock ataupun gaya feminim dengan warna yang lembut dalam berbusana. Selamat bereksperimen METRO addicts!