Jodhpur Pants

Apa yang dimaksud dengan Jodhpur Pants?

Menurut Wikipedia yang dimaksud dengan Jodhpur pants adalah:
"Originally, jodhpurs (as worn in and around the city in India after which they are named) were tight-fitting only from the knee to the ankle and were flared above the knee; modern stretch-fabrics have allowed jodhpurs to be supportive and flexible”.

Untuk lebih mudah dalam menggambarkan jodhpur pants ini adalah sejenis celana baggy dengan bentuk yang sangat ketat mulai dari lutut sampai ke angkle. Model celana ini menjadi trend belakangan ini mulai dari designer international, brand-brand ready to wear local maupun international juga menjadikan jenis celana ini sebagai salah satu item unggulan untuk setiap koleksinya.  Bisa dilihat dari koleksi SS'09 dari Lanvin, Nina Ricci dan Lagerfeld.

Pada perkembangannya jodhpur pants tidak hanya dibuat dalam bentuk celana panjang saja, tetapi juga dalam bentuk cropped pants baik sepanjang betis maupun hanya jatuh tepat di lutut kita.

Jenis celana ini memang tidak bisa dinikmati oleh semua orang dengan bentuk badan yang bermacam-macam. Hanya orang-orang bertungkai tinggi dan langsing yang akan tampak sempurna dengan celana model ini, mengingat bagian atas dari celana ini tampak memperberat bagian pinggul dan paha bagi orang-orang yang mempunyai masalah di bagian tersebut,  sedangkan bagian betis yang ketat memperjelas bentuk kaki yang kurang langsing.

Trend fashion memang tidak harus selalu diikuti harus tetpa disesuaikan dengan bentuk badan dan kepribadian masing-masing orang. Tetapi perlu diingat bahwa fashion trend bukan hal yang baku, dengan bentuk kreatifitas tertentu kita bias mengikuti satu look yang sebelumnya dirasa tidak mungkin kita aplikasikan ke tubuh kita yang tidak se sempurna seorang model.

 

Sources: style.com, net-aporter.com, instyle.com