Cocoon Silhouette

Pergerakan tren busana Muslim memang tidak sedrastis tren busana pada umumnya. Menjelang setiap kali Lebaran, kita pasti sudah mulai berburu tunik, kaftan/gamis, atau model kebaya dengan kain sarungnya. Meskipun beberapa tahun belakang sudah ada asosiasi lokal maupun internasional yang menggelar tren busana Muslim tahunan, tetapi kreatifitas desain lebih menekannya pada aplikasi seperti bordir, payet, layer, sedangkan tidak banyak perubahan pada siluetnya.

Agar penampilan tidak membosankan, kita bisa melirik siluet cocoon sebagai alternatif. Adalah perancang asal Amerika, Calvin Klein, yang mempopulerkan siluet tersebut. Kini, perancang-perancang kerap memadukannya dengan pleats atau drapery. Dalam mengadaptasi siluet cocoon ke busana Muslim, cukup dengan penggunaan batwing sleeves. Selain trendi, bisa dipastikan balutan busana ini akan menutupi aurat.

Tahun ini sepertinya pemakaian payet sebagai ornamen pada tunik, kaftan atau siluet busana Muslim lainnya mulai berkurang, mengingat volume dari siluet yang sudah cukup padat. Sebagai gantinya, mulailah bereksperimen dengan pemakaian aksesori yang agak besar tetapi tidak perlu yang terlalu gemerlap. Kalung, anting, atau bangle bernuansa antik bisa jadi pilihan agar penampilan lebih etnik.

METRO menyediakan pilihan busana Muslim dari berbagai bran maupun jangkauan harga. Desainer seperti Denny Wirawan, Votum dari Sebastian Gunawan, Studio 133 by Biyan, Maia, dan Sofie maupun bran ready-to-wear lainnya seperti Impression, Brilliant Girl dan Occasion menghadirkan koleksi busana Muslim terbarunya.