Kurma dan Kesehatan: Cukup Lima Butir Setiap Hari

Sunnah Rasulullah S.A.W. menganjurkan agar menyantap kurma saat berbuka puasa. Di balik rasanya yang manis, ternyata tersimpan banyak nilai gizi untuk kesehatan tubuh. Lantas apa sajakah manfaat buah kurma yang dalam bahasa Arab disebut ‘tamar’ ini?

Kurma mengandung zat karbohidrat sederhana dengan kadar gula paling tinggi di antara marga buah lainnya untuk mencukupi kebutuhan energi per hari. Normalnya, tubuh memerlukan energi sebesar 25 kkal/kg berat badan. Fruktosa (kandungan gula dalam sebagian besar jenis buah) dan glukosa (jenis gula dalam darah) yang terdapat dalam kurma mudah dicerna dan diolah dalam tubuh. Hanya dibutuhkan sekitar 45-60 menit untuk tubuh menyerap gula dalam kurma sehingga kondisi yang lemah menjadi bugar kembali. Sebagai perbandingan, rata-rata karbohidrat melalui proses pencernaan sekitar 3-4 jam.

Pada saat berpuasa, asupan energi berkurang sebesar 20-30% sehingga tubuh menjadi lebih cepat letih. Buah kurma, selain mengusir rasa lemas juga mampu membuat otak terjaga. Maka, orang yang mengkonsumsi kurma cukup banyak pada saat sahur akan lebih tahan lapar sebab bahan pangan ini juga kaya akan serat yang mengenyangkan.

Kurma berkhasiat untuk memulihkan berbagai macam pernyakit seperti kandungan seratnya yang berfungsi melunakkan dan mengaktifkannya usus secara alami untuk memperlancar buang air besar, kalium membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mengurangi resiko serangan stroke, mengatur denyut jantung dan kesehatan pembuluh darah, zat salisilat yang dikenal sebagai bahan baku aspirin  dapat menjadi obat penawar alami rasa sakit, meredam demam dan meredakan sakit kepala. Selain itu, kurma juga memberikan asupan vitamin A dan C, serta zat mineral seperti magnesium, kalsium, sodium dan potasium yang memadai.

Jelas sekali bahwa buah kurma sangat disarankan agar dikonsumsi setiap hari tidak hanya saat menjalankanibadah puasa karena manfaatnya bagi kesehatan. Hanya saja mengkonsumsinya saat menjalankan ibadah puasa akan membantu mempertahankan kebugaran tubuh lebih baik.